E.L.F. bukan sekedar titel

24 Agustus 2011

ya, aku akan menggunakan lowercase seperti biasa. dan... aku tau nggaakan ada yg baca ini -_-" tapi tetep aja aku pengen nulis ini. ini cuma bentuk pelampiasan karena aku juga ingin ikutan ngomong, tapi ngga merasa pantes.
pertama-tama aku pengen ngingetin diriku sendiri, kalau aku nulis ini karena ELF, dan aku nggamau bawa" agama, dll. ini semata-mata soal ELF. aku nulis ini karena takut aku kelepasan bawa" agama, aliran dsb.

EverLastingFriends hampir kehilangan maknanya...


kenapa aku bisa ngomong gini? faktanya memang begitu kok. bashing, fanwar, cuma itu yg bisa dilakuin kebanyakan ELF sekarang. dimulut terucap kata dukungan untuk Super Junior, tapi dihati? waktu Inkigayo kemaren, pas SJ-f(x) perform summer dance, semua jadi ngebashing Victoria gara-gara dance sama Hae. Hee mau wamil dibashing juga, Kyu nyeritain first-love-story nya ngambek juga. memang apa yg salah sih dari semua itu?


haloo... member SJ juga punya kehidupan pribadi yg ngga berhak untuk kita selami terlalu jauh. kita ELF, bukan stalker.

aku ngerti, karena aku juga perempuan. ELF perempuan mungkin merasa sedikit terganggu kalau melihat kedekatan biasnya dengan perempuan lain. itu hal wajar. tapi responnya nggak berlebihan juga kali. aku nggamau munafik dengan bilang aku nggapernah merasa terganggu sedikitpun. hanya saja, apa kita jadi membenci hanya karena kedekatan itu? jujur, aku juga ngarep kok bisa kenal sama oppadeul, aku juga suka ngayal jadi gf/istrinya oppadeul. tapi aku cinta diriku sebagai fangirl. 


memangnya fangirl harus over-protective sama idol-nya? idol-nya nggaboleh punya gf/istri gitu? kalo semua fangirl di dunia ini gitu, bisa-bisa idol namja abis bunuh diri semua.

sekarang banyak ELF yg seperti itu. yg tidak tau apa makna ELF sebenarnya... pernahkah kau berpikir? ELF itu apa? kenapa aku jadi ELF? pantaskah aku jadi ELF?

EverLastingFriends bukan sekedar titel...


ya, ELF bukan hanya sekedar nama fandom yg bisa dipermainkan begitu saja.


sebenarnya untuk apa sih oppadeul memberikan nama ELF pada fans-nya? untuk dipakai ngebashing seenaknya? enggak...


apa sih yg sebenarnya oppadeul harapkan dari kita, ELF?


mereka sungguh nggak mengharapkan apa-apa. mereka cuma ingin kita mendukungnya sampai akhir.


lalu apakah bashing dan fanwar adalah bentuk dukungan kalian?


lebih baik berhenti menjadi ELF saja. itu akan mempermalukan dan menyakiti oppadeul.


oppadeul memiliki talenta yg sungguh luar biasa, tapi apa mereka bisa tersenyum bahagia tanpa fans-nya? tanpa ELF? enggak, ELFs... mereka nggak bisa.
fans adalah kekuatan terbesar sebuah grup. sebuah grup tanpa fans satupun, lebih baik bubar saja. fans kuat, grup akan kuat, fans lemah, grup akan lemah. nggak ada pure ELF yg mau oppadeul murung. nggaada.

 


memang gampang untuk bilang: "Aku ELF!" tapi nggak segampang itu untuk menjadi ELF sejati, ELF yg benar-benar ada untuk mendukung (aku nggapake kata mencintai disini) SJ. aku nggamau munafik dengan bilang aku udah jadi ELF sejati, aku juga masih belajar. karena ELF bukan sekedar titel yg bisa dibanggakan begitu saja...

semua orang berubah...

menjadi ELF bukan berarti nggaboleh ada di fandom lain. temanku ada yg ELF sekaligus SONE. dia sering menangis karena ELF dan SONE INA sering membashing satu sama lain. dia pun kadang dikucilkan teman-temannya dari ELF maupun SONE. tapi aku kagum karena dia tetap bertahan menjadi ELF dan SONE sekaligus. memang kadang dia harus memilih, tapi dia berusaha seadil mungkin terhadap SJ dan SNSD.


pernahkah oppadeul meminta (atau bahkan memaksa) kita untuk menjadi ELF?  atau mungkin untuk hanya menjadi ELF?


tidak, tidak pernah.




karena oppadeul hanya mau kita tidak membashing atau melakukan fanwar. itu saja. terserah mau punya berapa fandom pun, yg oppadeul mau hanya itu. no bashing and fanwar.


tapi kita mengkhianati itu.


semua orang bisa berubah. lagi-lagi aku nggamau munafik dengan bilang: "Aku akan mendukung Super Junior selamanya!" tidak. karena kita nggatau apa yg akan terjadi nanti, setahun, duatahun, beberapa tahun lagi. mungkin saja kita berpaling karena suatu alasan. kita juga menyukai SJ karena suatu alasan, bukan? jadi selalu ada alasan untuk berubah. dan kita harus menghargai keputusan itu. mungkin sesorang berhenti menyukai SJ karena suatu alasan, dan kita tidak berhak membencinya. itu keputusannya. selama ia tidak membashing SJ nggak masalah.


bukan berhenti menjadi ELF yg membuat kita mengkhianati oppadeul, tapi bashing dan fanwar-lah yg membuat kita mengkhianati mereka.

kuatkan mental...


banyak newbie ELF, bahkan senior ELF yg bermental rapuh. bukan berarti yg menangis-lah yg bermental rapuh. aku juga sering kok menangis karena SJ. maksudku bermental rapuh adalah yg mudah termakan rumor dan kabar yg menjatuhkan SJ. lagi, aku nggamau munafik dengan bilang bahwa aku nggapernah jatuh. aku pernah. dan bahkan waktu itu aku sempat berpikir untuk berhenti menjadi ELF. ini masalah dengan religius-rohani. makanya aku sempat down. tapi aku bangkit lagi. teman" ELF mendukungku. yg paling penting adalah menguatkan prinsip dan mencari fakta. jangan mudah percaya berita sebelum keluar pernyataan official tentang itu.


kita suka SJ karena apa sih? setiap ELFs pasti punya jawaban yg berbeda untuk pertanyaan itu. tapi yg paling penting, kita suka karena kita berhak untuk itu. dan kita menyukai mereka untuk mengambil sisi positifnya, bukan negatifnya. kalau memang ada sesuatu yg kurang berkenan, ya, jangan diikuti. aku yakin kok ELFs sudah tau mana yg baik-buruk.


tentang bashing...

aku percaya ELFs sudah tau apa itu bashing. jadi langsung aja, lagi dan lagi aku nggamau munafik disini. aku nggaakan bilang aku nggapernah mencela SJ. dulu aku pernah kok ngomong begini: "Dari awal aku ngga tertarik sama Sungmin." dan "Heechul itu kayak cewek, aku nggak suka." tapi aku ngomong gitu saat aku belum jadi ELF. dan setelah aku memutuskan untuk jadi ELF, aku nggapernah lagi bilang begitu. karena aku sudah mengerti. aku ELF. aku mendukung SJ dan ke-13+2 membernya. mungkin ada beberapa member yg minor di mata kita, namun dukungan terhadap SJ takkan putus hanya karena hal itu.


memang sih masih ada ELF yg kontra terhadap 13+2 member. aku nggatau persis cerita ELF yg menolak kehadiran Kyu saat itu, karena aku belum jadi ELF. aku juga nggatau persis cerita Siwon yg marah sama ELF karena mereka mencela Henry saat itu. aku nggatau. lagipula ini masalah selera. tapi kalau memang nggasuka, kan nggaharus dibesar-besarkan? aku nggahabis pikir ya, masih aja ada ELF senior yg bilang: "Shindong itu jelek. Ngerusak pemandangan aja!", "Apaan sih Heechul? Kayak banci tau!", dsb. oke, hak orang kok untuk nggak menyukai sesuatu, tapi sekali lagi, apa harus dibesar-besarkan? kalau memang nggasuka yasudah. tidak perlu teriak". dan buatku, bukankah setelah menjadi ELF, justru kita lebih berusaha untuk menyukai semua member? untuk apa menjadi ELF kalau tidak bisa menerima kehadiran semua member?


dan asal tau saja, ELF INA termasuk yg paling banyak membashing.

pikirkan lagi...

coba pikirkan lagi...


kita mau oppadeul menang GDA & chart musik tapi kita nggak mau berusaha (bahkan untuk berkata "SuJu daebak! Hwaiting!" pun tidak mau, padahal itu bentuk dukungan paling murah)
kita mau oppadeul tersenyum bahagia tapi kita kerjaannya cuma membashing & fanwar
kita mau oppadeul datang ke Indonesia lagi tapi kita hanya bisa menyebarkan rumor alay tentang mereka


pernahkah kalian berpikir, oppadeul tau tentang semua ini dan sakit hati karenanya?


mungkin tidak, karena kita selalu memikirkan hal-hal yg baik. egois.

mianhae...


mungkin aku terkesan sok bijaksana banget. aku sadar aku ini cuma newbie yg masih belajar. proses perkenalan dengan SJ 3 tahun, proses pendekatan 1 bulan, dan kemudian langsung mengklaim sebagai ELF. sejujurnya aku gugup saat bertemu para senior di forum. aku selalu bertanya-tanya: "Apakah aku sudah certified untuk menjadi ELF?" tapi teman-teman ELF di sekeliling banyak membantuku. aku nggak yakin aku akan bisa menjadi forever ELF, tapi untuk sekarang, aku berjanji untuk menjadi ELF yg tidak mengecewakan oppadeul. mungkin nggak banyak yg bisa kulakukan untuk oppadeul, tapi aku berusaha... untuk mempertahankan prinsipku sebagai EverLastingFriends...
I prom15e to 13elieve, to 10ve the remaining 10, and to prot3ct the missing 3
 maafkan ke-sok-tahuanku ini...
aku menulis ini tanpa ada maksud untuk menggurui ELF senior maupun newbie. aku menulis ini untuk intropeksi kita bersama. walaupun tujuanku menulis ini adalah untuk konsumsi pribadi, setidaknya tulisan ini bisa menjadi pengingatku kelak.

intropeksi...

jadi, ELFs, bercerminlah! belajar dari semua yg sudah terjadi! oppadeul akan memasuki tahun wamil mereka, dan kita tidak boleh mengecewakan mereka di saat-saat akhir...

 "pernahkah oppadeul meminta (atau bahkan memaksa) kita untuk menjadi ELF?  atau mungkin untuk hanya menjadi ELF?


tidak, tidak pernah.


karena oppadeul hanya mau kita tidak membashing atau melakukan fanwar. itu saja. terserah mau punya berapa fandom pun, yg oppadeul mau hanya itu. no bashing and fanwar."

"EverLastingFriends, we are super super fans!"

ini tambahan link untuk intropeksi ya, bukan tulisanku, tapi kita wajib merenungi semuanya :)

 

0 comment(s):

Posting Komentar